Kamis, 12 November 2015

PARIWISATA IS.............



PARIWISATA

Telah kita ketahui bahwa Di Negara kita yang tercinta ini, Indonesia memiliki banyak ragam wisata dan budaya yang sangat indah dan menarik dari Sabang sampai Merauke mulai dari tempat wisata dan objek wisata yang kaya akan keindahan wisata alam, taman wisata, taman budaya, dan wisata kulinernya. Banyak orang menyebutkan Indonesia adalah surga dunia. Contoh pariwisata di Indonesia adalah Candi Borobudur, Taman laut Bunaken, Raja Ampat, Danau Toba, Pulau Tidung&Jembatan Cinta, Pantai Pangandaran, Gunung Rinjani, Tanah Lot, Kebun Raya Bogor, dan masih banyak lagi. Budayanya pun juga beragam seperti Tari Barong, Jember Fashion Karnaval, Tari Kecak, Pentas budaya Sendratari Ramayana, Jogja Java Karnaval. Kulinernya pun tidak kalah menarik seperti Gulai, Rendang, Bakso, Soto, dan lain sebagainya. Tidak heran banyak wisatawan dari domestic maupun mancanegara berbondong-bondong ke tempat-tempat wisata di Indonesia. Pariwisata itu sendiri adalah suatu perjalanan yang dilakukan bertujuan untuk rekreasi atau liburan, dan refresing. Seorang wisatawan atau turis adalah seseorang yang melakukan perjalanan paling tidak sejauh 80 km (50 mil) dari rumahnya dengan tujuan rekreasi, Banyak negara, bergantung banyak dari industri pariwisata ini sebagai sumber pajak dan pendapatan untuk perusahaan yang menjual jasa kepada wisatawan. Oleh karena itu pengembangan industri pariwisata ini adalah salah satu strategi yang dipakai oleh Organisasi Non-Pemerintah untuk mempromosikan wilayah tertentu sebagai daerah wisata untuk meningkatkan perdagangan melalui penjualan barang dan jasa kepada orang non-lokal.

Sesungguhnya industri pariwisata ini merupakan suatu industri yang biasanya dihubungkan secara langsung dengan pembangunan ekonomi. Industri ini memiliki hubungan multi dimensi yang tidak hanya terkait erat dengan bidang ekonomi saja, tetapi hampir setiap bidang pembangunan nasional bersentuhan dan erat kaitannya dengan industri pariwisata ini. Kita harus membangun cara pandang baru tentang pariwisata sebagai unsur utama perekonomian nasional, apalagi bila kita ingin mengembangkan industri pariwisata sebagai alat dukung bagi meningkatkan harkat dan martabat negara bangsa di tengah pergaulan dunia internasional yang memiliki daya saing. Dalam hal ini industri pariwisata dapat dipandang sebagai penentu : Pertama, meningkatnya kesejahteraan masyarakat bangsa. Kedua, terbentuknya kepribadian bangsa Indonesia. Ketiga, terjaganya dan terpeliharanya keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Keempat, terjalinnya hubungan antar bangsa-bangsa di dunia secara damai, harmonis dan berperadaban. Kelima, terbinanya kreatifitas masyarakat bangsa dalam berbagai segi kehidupan. Keenam, terbangunnya keseimbangan hidup masyarakat bangsa dengan keberlangsungan kehidupannya. Ketujuh, terbangkitkannya spiritualitas masyarakat bangsa. Kedelapan, terjalinnya kebersamaan dan kepedulian untuk percepatan optimalisasi sektor pariwisata. Peran pariwisata juga beragam yaitu:
1. Meningkatkan devisa Negara, pendapatan daerah maupun masyarakat.
2. Bekembangnya wisata dan kebudayaan nasional dimata dunia.
3. Terpeliharanya keindahan alam dan lingkungan.
4. Terbangunnya dan terlaksananya kegiatan wisata di pulau-pulau daerah terpencil.
5. Mengembangkan jati diri bangsa.
6. Berkembangnya kreatifitas-kreatifitas bangsa sehingga secara langsung dapat mengembangkan pariwisata itu sendiri.
7. Terbangunnya cara pandang bahwa pariwisata merupakan jendela mensyukuri nikmat Tuhan.
8. Terjalinnya kebersamaan dan kepedulian.

Peran-peran pariwisata tersebut dapat terealisasikan secara optimal maka perlu adanya kebersamaan antara pemangku kepentingan pariwisata yaitu pemerintah, swasta dan masyarakat. Peran Mahasiwa Terhadap Pariwisata bisa menjadi salah satu penyampai yang baik tentang wisata di indonesia ini. Kini banyak pelajar maupun mahasiswa mengikuti pertukaran pelajaran ke luar negeri sehingga dia bisa mengenalkan budaya Indonesia kepada dunia. Jadi peran untuk memajukan pariwisata tidah hanya di tumpu oleh pemerintah saja, generasi muda bisa juga menjadi pilar penyalur perkenalan pariwisata terhadap mata dunia. Tak perlu iklan mahal untuk mengenalkan wisata Indonesia di mata dunia bila para remajanya ikut berperan memajukannya. Untuk sederhananya kita bisa juga mengenalkan pariwisata di daerah kita terhadap orang orang yang masih belum mengerti tentang tempat-tempat pariwisata melalui dunia internet, jejaring sosial dan di berbagai media yang bisa menarik turis baik di domestic maupun mancanegara. Dimana hal tersebut dapat dijadikan peluang bisnis atau industri di sekitar kita melalui peran wisata. Tak jarang kini banyak mahasiswa yang kaya raya karena usaha dalam mengembangkan pasar wisata, seperti kuliner, tempat wisata suasta dan berbagai macam objek wisata. Daya cipta dan kreasi mahasiswa yang bukan hanya dapat memelihara yang sudah ada, tetapi juga dapat menciptakan berbagai kreasi baru sehingga berbagai jenis wisata mulai dari wisata budaya, belanja, alam, olah raga, dan lain sebagainya, dapat berkembang secara variatif dan terus berkelanjutan. Kesemuanya ini terletak dari bagaimana peran masyarakat dalam memajukan pariwisata. Sebab jika masyarakatnya pasif apalagi tidak punya kreatifitas maka kegiatan pariwisata akan sunyi senyap. Itu sebabnya peran masyarakat dalam memajukan pariwisata nasional bukan hanya penting tetapi juga strategis.

Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa pariwisata itu hal yang sangatlah penting yang mana merupakan asset Negara yang menghasilkan pendapatan Negara dan untuk ciri khas suatu Negara. Pariwisata bisa menjadi industri yang memajukan Indonesia , membuat lapangan pekerjaan untuk masyarakat setempat, menciptakan usaha baru yang di kelola oleh swasta dan juga memberikan sebuah industri yang bisa menghasilkan omset/keuntungan yang sangat menjanjikan. Mahasiswa juga harus berperan terhadap kelangsungan pariwisata di Indonesia agar milik kita tidak di akui oleh Negara lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar