Logic merupakan jantung dari program, para
pemrogram mempunyai keyakinan bahwa sebuah komputer dapat dibuat mengerti
logika, maka computer dapat dibuat untuk berfikir, karena logika kelihatannya
menjadi inti dari kecerdasan.
1 Problem solving agent hanya bisa menyelesaikan masalah
yang lingkungannya accessible.
2 Kita membutuhkan agen yang dapat menambah pengetahuan dan
menyimpulkan keadaan.
3 Agent yang akan membantu seperti ini kita beri nama
knowledge based agent.
3.1 Knowledge Based Agents
Komponen utama dari knowledge based agent
adalah knowledge basenya. Knowledge base (KB) adalah kumpulan representasi
fakta tentang lingkungan atau dunia yang berhubungan atau menjadi daerah
bekerjanya agen. Setiap representasi dalam KB disebut sebagai sebuah kalimat
yang diekspresikan dalam sebuah bahasa yakni knowledge representation language.
Ø
Representasi Pengetahuan yang bersifat general.
Ø
Kemampuan beradaptasi sesuai temuan fakta.
Ø
Kemampuan menyimpulkan sesuatu dari pengetahuan yang sudah ada.
Syarat Representasi KB:
1.
Representational Adequacy
Kemampuan merepresentasikan semua pengetahuan yang dibutuhkan dalam domainnya
Kemampuan merepresentasikan semua pengetahuan yang dibutuhkan dalam domainnya
2.
Inferential Adequacy
Kemampuan memanipulasi struktur pengetahuan untuk membentuk struktur baru dalam menampung pengetahuan baru hasil inferens.
Kemampuan memanipulasi struktur pengetahuan untuk membentuk struktur baru dalam menampung pengetahuan baru hasil inferens.
3.
Inferential Efficiency
Kemampuan untuk manambahkan informasi untuk mempercepat pencarian dalam inferensi.
Kemampuan untuk manambahkan informasi untuk mempercepat pencarian dalam inferensi.
4.
Acquisitional Efficiency
Kemampuan untuk menambah informasi baru secara mudah.
Kemampuan untuk menambah informasi baru secara mudah.
Pengetahuan yang dimiliki agent tidak berguna jika ia tidak
melakukan apapun karenanya kita perlu menambahkan aturan agar dia dapat
bergerak (complete the knowledge base). Beberapa tahapan yang dilakukan
dalam menyusun knowledge based agent:
Ø
Untuk dapat menyusun sebuah knowledge based agent maka kita
harus terlebih dulu bisa menyusun knowledge basenya itu sendiri.
Ø
Untuk menyusun knowledge base kita perlu menentukan
bagaimana cara kita merepresentasikan pengetahuan kita (knowledge
representation).
Ø
Knowledge representation kita harus
merupakan bentuk yang mudah disimpan dan digunakan pada komputer. Dalam
perkuliahan ini kita menggunakan beberapa macam knowledge representation
language.
3.2 Wumpus World
Ø
Environment sederhana, berguna untuk
menguji dan menjelaskan logical agent.
Ø
Gua gelap dengan banyak ruangan yang
dihubungkan dengan lorong-lorong.
Ø
Agent masuk ke gua untuk mengambil emas
yang ada di salah satu ruangan.
Ø
Wumpus (monster) bersembunyi di salah
satu ruangan. Jika agent bertemu, ia akan menjadi santapannya.
Ø
Terdapat ruang-ruang yang memiliki
lubang jebakan yang dapat membunuh agent.
Ø
Agent hanya punya 1 panah yang bisa
membunuh wumpus dari jarak jauh.
Sifat dari Wumpus World:
Ø Fully observable? Tidak, hanya bisa berpresepsi lokal.
Ø Deterministic? Ya, hasil tindakan jelas dan pasti.
Ø Episodic? Tidak, tergantung action sequence.
Ø Static? Ya, gold, wumpus, pit tidak bergerak.
Ø Discrete? Ya.
Ø Single agent? Ya.
3.3 Logic in general-Models and Entailment
Logics adalah bahasa formal untuk merepresentasikan
fakta sedemikian shg kesimpulan (fakta baru, jawaban) dapat ditarik. Ada banyak
metode inference yang diketahui. Kita bisa membangun agent Wumpus World dengan logika:
memanfaatkan perkembangan logika oleh ahli matematika, filsafat selama ratusan
tahun.
Entailment artinya bahwa sesuatu mengikuti dari yang lain.
KB ╞
·
Knowledge base KB entails kalimat α jika dan hanya
jika α adalah true pada semua dunia dimana KB bernilai true.
·
Misal, KB “the Giants won” dan “the Reds won” entails “Either the Giants won or the Reds
won”
·
Misal, x+y = 4 entails 4 = x+y
Entailment adalah sebuah hubungan antar kalimat (syntax) yang didasarkan
pada semantik.
Models à m
adalah sebuah model pada sebuah kalimat
α jika α bernilai true pada m
·
M(α) adalah kumpulan semua model pada α.
·
KB ╞ α iff M(KB) Í M(α).
·
Misal: KB = Giants won and Reds won , α = Giants
won
Referensi:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar